Jumat, 05 Desember 2014

Seputar Tugu Muda - Konco Tugu Muda pasti sudah pernah mendengar tentang Tarian Sufi bukan? Tapi bagaimana dengan Tarian Sufi yang merupakan budaya khas dari Kota Pekalongan? Yap, nama tarian ini adalah Tarian Sufi Multikultural. Kesenian tari ini menggabungkan antara budaya Timur Tengah (Turki) dengan iringan musik pentatons (gamelan Jawa) ditambah marawis ataupun musik bambu calungan dari Banyumas disertai Tari Zapin.
Penari Sufi dalam Jateng Art Festival
Kesenian Sufi Multikultural dikembangkan oleh sebuah komunitas dzikir bernama Majelis Dzikir Keraton yang ada di kota Pekalongan yang didirikan tujuh tahun yang lalu. Sejalan dengan kesenian Sufi yang merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran spiritual, Komunitas ini juga menggunakan seni sebagai media dalam penyebaran agama Islam. Maka, Kesenian Sufi Multikultural yang ada di Kota Pekalongan merupakan kesenian religi dari Timur Tengah yang kemudian dimodifikasi sedemekian rupa hingga menyatu dengan budaya religi Pekalongan. 

Bagi konco Tugu Muda yang penasaran, tarian ini bisa disaksikan di Jateng Art Festival pukul 19.00 sampai 22.00 di Wisma Perdamaian. Tidak hanya Tarian Sufi Multikultural, panggung pagelaran seni Jateng Art Festival malam ini juga akan menampilkan berbagai macam tarian dan kesenian yang lain. Ada pula stand-stand kesenian yang akan melengkapi pengetahuan kita tentang beragam kesenian yang ada di Jawa, khususnya Jawa Tengah. 
(Nusrotu Aini/STM/14)

Tagged:

0 komentar:

Posting Komentar