Jumat, 05 Desember 2014


Seputar Tugu Muda - Pemandangan unik terlihat di kawasan Tugu Muda Jumat sore (5/12), segerombolan ksatria berkuda mengitari taman Tugu Muda di cuaca sendu Semarang. Namun jangan berpikir jika para ksatria ini datang dari suatu kerajaan untuk berwisata. Alih-alih datang bersama kuda putih nan gagah, mereka turun ke jalan dengan kuda lumping yang terbuat dari bambu dan pelepah pisang. Ksatria-ksatria ini adalah anggota HorniKULTura, sebuah komunitas seni budaya yang berbasis literasi dan kritik sosial. 

Komunitas HorniKULTura sedang melakukan aksinya
Dengan mengusung judul “Asmara Berkuda” delapan anak muda berkostum warna-warni lengkap dengan kuda lumpingnya menggelar performance art pertama mereka di beberapa spot di Semarang. Kegiatan ini sendiri dilakukan sebagai bentuk kritik mereka terhadap pemerintah yang dianggap gagal dalam membangun ruang publik dan transportasi kota yang nyaman bagi warganya. Bersama beberapa teman dari Teater Emka FIB Undip dan Teater Kaplink Udinus, mereka menari dan menyanyi dengan riang gembira layaknya anak kecil yang sedang bebas bermain, tidak peduli banyak pasang mata yang melihat keheranan atau ratusan kendaraan yang lalu-lalang di sekitarnya. Sesekali mereka menyapa para pengguna kendaraan yang melewati Tugu Muda, jalanan yang kosong karena lampu merah pun tak luput menjadi panggung untuk bermain. 

Alasan dipilihnya Tugu Muda sebagai salah satu tempat mereka melakukan aksi “demo” adalah dikarenakan Tugu Muda dianggap telah tergantikan perannya oleh mall-mall megah sebagai landmark Kota Semarang. Sedangkan digunakannya kuda lumping juga dikmaksudkan untuk menyentil pemerintah, mengingat keberadaan lahan bermain dan fasilitas publik di perkotaan yang semakin jarang dan mengakibatan anak-anak lebih menyukai game-game onlline. Selain di Tugu Muda, komunitas HorniKULTura juga melakukan performance di Jalan Raya Krapyak-Jrakah dan Mall Ciputra.
(Andika Sakti/STM/14) 

Sumber foto: https://twitter.com/KotaSMG/status/540858658557399040/photo/1; https://twitter.com/KotaSMG/status/540858460464615424/photo/1

Tagged:

0 komentar:

Posting Komentar