Selasa, 30 Desember 2014

Seputar Tugu Muda - Jika berkunjung ke kota Semarang tak pas rasanya jika tidak mencicipi kuliner yang satu ini. Makanan khas yang menjadi ikon kota Semarang ini banyak ditemukan di berbagai sudut kota Semarang dengan harga yang sangat terjangkau. Sejak dahulu lunpia sudah menjadi jajanan favorit baik di kota Semarang sendiri maupun di kota-kota lainnya sekitar Semarang. 

Jajanan ini berisi irisan rebung muda atau cikal bakal bambu yang ditumis dengan telur dan udang ini merupakan jajanan yang berasal dari tradisi turun temurun keluarga keturunan Tiongkok. Konon makanan ini pertama kali dibawa masuk ke kota Semarang pada 1930 oleh seorang pemuda Tiongkok bernama Jwa Dayu. Maka sampai sekarang masyarakat bisa menikmati kuliner khas nan lezat yang satu ini.

Lunpia yang paling tersohor di Semarang adalah lunpia Gang Lombok atau Warung Siem. Dan disini ada 2 jenis lunpia yang ditawarkan yaitu lunpia basah dan lunpia kering atau lunpia yang sudah digoreng. Cara penyajiannya cukup mudah yaitu disajikan dengan saus kental yang ditaburi dengan cacahan bawang putih, cabe rawit dan bawang muda. Hmmm, sudah terasa kelezatannya bukan? Selamat menikmati! 
(Ratih Khoirunnisa/STM/14) 

Sumber foto: id.wikipedia.com

Tagged:

0 komentar:

Posting Komentar