Selasa, 09 Desember 2014

Seputar Tugu Muda - Tugu Muda adalah ikon yang menjadi kebanggan Kota Semarang. Tugu ini dibangun untuk memperingati momentum Pertempuran Lima Hari di Semarang. Jika Konco-konco mencermati, Konco-konco dapat menemui relief-relief yang menggambarkan momentum pertempuran tersebut di Kaki Menara Tugu Muda. 

Menara Tugu Muda terletak di pusat Kota Semarang. Dikelilingi oleh gedung-gedung bersejarah, seperti Lawang Sewu, Museum Mandala Bakti, serta Wisma Perdamaian, kawasan Tugu Muda ini hampir tidak pernah sepi pengunjung.

Kawasan ini memang cukup bersih dan nyaman, ditambah dengan taman-taman hijau di sekeliling Tugu Muda yang membuatnya semakin cantik. Namun sangat disayangkan, betapa penjagaan terhadap monumen bersejarah ini sangatlah minim. Selain anak-anak kecil yang pada siang hari mandi di Kolam Air Mancur yang mengelilingi menara, pada malam hari, beberapa wisatawan yang datang memanjat kaki-kaki menara ini dengan bersemangat untuk berfoto!

Seorang pengunjung sengaja memanjat tugu muda hanya untuk berfoto
Sungguh sangat disayangkan. Tugu Muda yang menjadi monumen bersejarah ini sudah seharusnya dijaga agar tidak rusak. Semestinya, pemerintah melakukan penertiban dengan membangun pagar pembatas di sekeliling menara serta membuat aturan yang tidak memperbolehkan para wisatawan untuk mendekat, apalagi sampai memanjat. Hal ini sangat perlu untuk mencegah segala bentuk perbuatan yang berpotensi merusak warisan budaya ini. Pemerintah juga harus melakukan penertiban dengan memberikan teguran serta sanksi kepada wisatawan-wisatawan yang melanggar aturan tersebut. Dengan demikian, maka diharapkan Menara Tugu Muda ini akan terus terjaga keindahan dan kekokohannya. 
(Nusrotu Aini Latifah/STM/14)

Tagged:

0 komentar:

Posting Komentar